MACAM-MACAM MEDIA PEMBELAJARAN
A.
MEDIA AUDIO
Media
Audio adalah alat media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera
pendengaran saja. Pada penggalan ini berturut-turut dibahas Media Dengar yaitu
Radio Rekaman Suara (Audio Cassete Tape Recorder). media pembelajaran, adalah
suara-suara ataupun bunyi yang berkaitan dengan materi pembelajaran direkam
dengan menggunakan alat perekam suara, kemudian hasil perekaman tersebut
diperdengarkan kembali kepada peserta didik dengan menggunakan sebuah alat
pemutarnya.
Media audio
mempunyai sifat yang khas, yaitu:
• Hanya mengandalkan suara (indera pendengaran)
• Personal
• Cenderung satu arah
• Mampu menggugah imaginasi
• Hanya mengandalkan suara (indera pendengaran)
• Personal
• Cenderung satu arah
• Mampu menggugah imaginasi
Fungsi
media audio adalah untuk melatih segala kegiatan pengembangan keterampilan
terutama yang berhubungan dengan aspek – aspek keterampilan pendengaran. Fungsi
lain dari Media Audio adalah sebagi alat Bantu bagi para pendidik, karena
sifatnya hanya sekedar membantu, maka dalam pemamfaatannya memerlukan bantuan
metode atau media lain, sehingga pengalaman dan pengetahuan siap dimiliki oleh
pendengar yang akan membantu keberhasilan.
Kelebihan Media Audio , Sadiman (
2005 : 50 ) , adalah :
a.
Harga murah dan variasi program lebih
banyak dari pada TV.
b.
Sifatnya mudah untuk dipindahkan
c.
Dapat digunakan bersama – sama dengan
alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.
d.
Dapat merangsang partisifasi aktif
pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis,
menggambar dan sebagainya.
e.
Dapat memusatkan perhatian siswa seperti
membaca puisi, sastra, menggambar musik dan bahasa
Kekurangan
Media Audio, adalah :
a. Dalam
suatu rekaman sulit menemukan lokasi suatu pesan atau informasi, jika pesan
atau informasi tersebut berada ditengah – tengah pita, apalagi jika radio, tape
tidak memiliki angka – angka penentuan putaran
b. Kecepatan
rekaman dan pengaturan trek yang bermacam – macam menimbulkan kesulitan untuk
memainkan kembali rekaman yang direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda.
B.
MEDIA VISUAL
Media Visual (Daryanto, 1993:27),
artinya semua alat peraga yang digunakan dalam proses belajar yang bisa
dinikmati lewat panca-indera mata.Media visual ( image atau perumpamaan)
memegang peran yang sangatpenting dalam proses belajar. Media visual dapat
memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan
minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan
dunia nyata.
Media Visual yang bergerak ialah
media yang dapat menampilkan atau membiaskan gambar atau bayangan yang dapat
bergerak di layar bias, seperti: bias gambar-gambar yang ditampilkan oleh
motion picture film dan loopfilm.
Masing-masing media baik yang
bergerak maupun yang tak bergerak dilihat penggunaannya tak lepas dari
kelebihan dan keterbatasan yang ada, tergantung pada situasi dan kondisi
pengoperasiannya.
Media visual berfungsi untuk menyalurkan pesan dari
sumber ke penerima pesan. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam
simbol-simbol visual. Selain itu, fungsi media visual adalah untuk menarik
perhatian, memperjelas sajian ide, menggambarkan atau menghiasi fakta yang
mungkin akan cepat dilupakan jika tidak divisualkan.
C. MEDIA
AUDIO VISUAL
Media audio-visual adalah media yang mempunyai unsur suara
dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena
meliputi kedua jenis media auditif (mendengar) dan visual (melihat). Media
Audiovisual merupakan sebuah alat bantu audiovisual yang berarti bahan atau
alat yang dipergunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan kata
yang diucapkan dalam menularkan pengetahuan, sikap, dan ide.
Beberapa manfaat alat
bantu audiovisual adalah:
1.
Membantu memberikan konsep pertama atau kesan
yang benar;
2.
Mendorong minat;
3.
Meningkatkan pengertian yang lebih baik;
4.
Melengkapi sumber belajar yang lain;
5.
Menambah variasi metode mengajar;
6.
Menghemat waktu;
7.
Meningkatkan keingintahuan intelektual;
8.
Cenderung mengurangi ucapan dan pengulangan
kata yang tidak perlu;
9.
Membuat ingatan terhadap pelajaran lebih lama;
10. Dapat
memberikan konsep baru dari sesuatu diluar pengalaman biasa.
Kelebihan media audio visual gerak
1. Kelebihan dan kekurangan film
sebagai media audio visual gerak.
a. Keuntungan atau manfaat film
sebagai media pengajaran antara lain:
1) Film
dapat menggambarkan suatu proses, misalnya proses pembuatan suatu keterampilan
tangan dan sebagainya.
2) Dapat
menimbulkan kesan ruang dan waktu.
3) Penggambarannya
bersifat 3 dimensional.
4) Suara
yang dihasilkan dapat menimbulkan realita pada gambar dalam bentuk ekspresi
murni.
5) Dapat
menyampaikan suara seorang ahli sekaligus melihat penampilannya.
6) Kalau
film dan video tersebut berwarna akan dapat menambah realita objek yang
diperagakan.
7) Dapat
menggambarkan teori sain dan animasi.
b. Kekurangan-kekurangan film sebagai
berikut:
1) Film
bersuara tidak dapat diselingi dengan keterangan-keterangan yang diucapkan
sewaktu film diputar, penghentian pemutaran akan mengganggu konsentrasi audien.
2) Audien
tidak akan dapat mengikuti dengan baik kalau film diputar terlalu cepat.
3) Apa
yang telah lewat sulit untuk diulang kecuali memutar kembali secara
keseluruhan.
4) Biaya
pembuatan dan peralatannya cukup tinggi dan mahal.
2. Kelebihan dan kekurangan video
sebagai media audio visual gerak
a. Kelebihan video
1) Dapat
menarik perhatian untuk periode-periode yang singkat dari rangsangan lainnya.
2) Dengan
alat perekam pita video sejumlah besar penonton dapt memperoleh informasi dari
ahli-ahli/ spesialis.
3) Demonstrasi
yang sulit bisa dipersiapkan dan direkam sebelumnya, sehingga dalam waktu
mengajar guru dapat memusatkan perhatian dan penyajiannya.
4) Menghemat
waktu dan rekaman dapat diputar berulang-ulang.
5) Keras
lemah suara dapat diatur dan disesuaikan bila akan disisipi komentar yang akan
didengar.
6) Guru
bisa mengatur dimana dia akan menghentikan gerakan gambar tersebut, artinya
kontrol sepenuhnya ditangan guru.
7) Ruangan
tidak perlu digelapkan waktu menyajikannya.
b. Kekurangan video
1) Perhatian
penonton sulit dikuasai, partisipasi mereka jarang dipraktekkan.
2) Sifat
komunikasinya yang bersifat satu arah haruslah diimbangi dengan pencarian
bentuk umpan balik yang lain.
3) Kurang
mampu menampilkan detail dari objek yang disajikan secara sempurna.
4) Memerlukan
peralatan yang mahal dan kompleks.
3. Kelebihan dan kekurangan televisi
sebagai media audio visual gerak
a. Kelebihan televisi:
1) Bersifat
langsung dan nyata, serta dapat menyajikan peristiwa yang sebenarnya.
2) Memperluas
tinjauan kelas, melintasi berbagai daerah atau berbagai negara.
3) Dapat
menciptakan kembali peristiwa masa lampau.
4) Dapat
mempertunjukkan banyak hal dan banyak segi yang beraneka ragam.
5) Banyak
mempergunakan sumber-sumber masyarakat.
6) Menarik
minat anak.
7) Dapat
melatih guru, baik dalam pre-service maupun dalam intervice
training.
8) Masyarakat
diajak berpartisipasi dalam rangka meningkatkan perhatian mereka terhadap
sekolah.
b. Kekurangan-Kekurangan Televisi:
1) Televisi
hanya mampu menyajikan komunikasi satu arah.
2) Televisi
pada saat disiarkan akan berjalan terus dan tidak ada kesempatan untuk memahami
pesan-pesan nya sesuai dengan kemampuan individual siswa.
3) Guru
tidak memiliki kesempatan untuk merevisi tayangan TV sebelum disiarkan.
4) Layar
pesawat televisi tidak mampu menjangkau kelas besar sehingga sulit bagi semua
siswa untuk melihat secara rinci gambar yang disiarkan.
5) Kekhawatiran
muncul bahwa siswa tidak memiliki hubungan pribadi dengan guru, dan siswa bisa
jadi bersifat pasif selama penayangan.
Kelebihan dan kekurangan media audio visual
diam
1. Kelebihan dan kekurangan film
bingkai sebagai media audio visual diam.
a. Kelebihan film bingkai sebagai
media pendidikan adalah:
1) Materi
pelajaran yang sama dapat disebarkan ke seluruh siswa secara
serentak;
2) Perhatian
anak-anak dapat dipussatkan pada satu butir tertentu;
3) Fungsi
berfikir penonton dirangsang dan dikembangkan secara bebas;
4) Film
bingkai berada di bawah kontrol guru;
5) Dapat
dilakukan secara klasikal maupun individu;
6) Penyimpanannya
mudah (praktis);
7) Dapat
mengatasi keterbatasan keterbatasan ruang, waktu dan indera;
8) Mudah
direvisi/diperbaiki, baik visual maupun audionya;
9) Relatif
sederhana dan murah dibandingkan dengan media TV atau film;
10) Program
dibuat dalam waktu singkat.
D. MEDIA
3 DIMENSI
Media pembelajaran tiga dimensi, yaitu media yang
tampilannya dapat diamati dari arah pandang mana saja dan mempunyai
dimensi panjang, lebar,dan tinggi/tebal.
Media tiga dimensi juga dapat
diartikan sekelompok media tanpa proyeksi yang penyajiannya secara visual tiga
dimensi. Kelompok media ini dapat berwujud sebagai benda asli baik hidup maupun
mati, dan dapat berwujud sebagai tiruan yang mewakili aslinya.
Media
tiga dimensi ialah sekelompok media tanpa proyeksi yang penyajiannya secara
visual tiga dimensional. Kelompok media ini dapat berwujud sebagai benda asli
baik hidup maupun mati, dan dapat pula berwujud sebagai tiruan yang mewakili
aslinya. Benda asli ketika akan difungsikan sebagai media pembelajaran dapat
dibawa langsung ke kelas, atau siswa sekelas dikerahkan langsung ke dunia
sesungguhnya di mana benda asli itu berada. Apabila benda aslinya sulit untuk
dibawa ke kelas atau kelas tidak mungkin dihadapkan langsung ke tempat di mana
benda itu berada, maka benda tiruannya dapat pula berfungsi sebagai media
pembelajaran yang efektif,
Kelebihan Media Tiga Dimensi yaitu,
Menurut Moedjiono (1992) kelebihan dari media visual tiga dimensi:
1)
Memberikan pengalaman secara langsung
2)
Penyajian secara konkrit dan
menghindari verbalisme
3)
Dapat menunjukkan objek secara utuh baik kontruksi maupun cara
kerjanya
4)
Dapat memperlihatkan struktur
organisasi secara jelas
5)
Dapat menunjukkan alur suatu proses secara jelas.
Kelemahan Media Tiga Dimensi yaitu,
1)
Tidak bisa menjangkau sasaran dalam jumlah
2)
Penyimpanannya memerlukan ruang yang
besar dan perawatan yangrumit
3)
Untuk membuat alat peraga ini membutuhkan biaya yang besar
4)
Anak tuna netra sulit untuk
membandingkannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar