Senin, 26 November 2018

Macam-macam Media Pembelajaran


MACAM-MACAM MEDIA PEMBELAJARAN
A.    MEDIA AUDIO
Media Audio adalah alat media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera pendengaran saja. Pada penggalan ini berturut-turut dibahas Media Dengar yaitu Radio Rekaman Suara (Audio Cassete Tape Recorder). media pembelajaran, adalah suara-suara ataupun bunyi yang berkaitan dengan materi pembelajaran direkam dengan menggunakan alat perekam suara, kemudian hasil perekaman tersebut diperdengarkan kembali kepada peserta didik dengan menggunakan sebuah alat pemutarnya.
Media audio mempunyai sifat yang khas, yaitu:
• Hanya mengandalkan suara (indera pendengaran)
• Personal
• Cenderung satu arah
• Mampu menggugah imaginasi
Fungsi media audio adalah untuk melatih segala kegiatan pengembangan keterampilan terutama yang berhubungan dengan aspek – aspek keterampilan pendengaran. Fungsi lain dari Media Audio adalah sebagi alat Bantu bagi para pendidik, karena sifatnya hanya sekedar membantu, maka dalam pemamfaatannya memerlukan bantuan metode atau media lain, sehingga pengalaman dan pengetahuan siap dimiliki oleh pendengar yang akan membantu keberhasilan.
Kelebihan Media Audio , Sadiman ( 2005 : 50 ) , adalah :
a.       Harga murah dan variasi program lebih banyak dari pada TV.
b.      Sifatnya mudah untuk dipindahkan
c.       Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.
d.      Dapat merangsang partisifasi aktif pendengaran siswa, serta dapat mengembangkan daya imajinasi seperti menulis, menggambar dan sebagainya.
e.       Dapat memusatkan perhatian siswa seperti membaca puisi, sastra, menggambar musik dan bahasa
Kekurangan Media Audio, adalah :
a.       Dalam suatu rekaman sulit menemukan lokasi suatu pesan atau informasi, jika pesan atau informasi tersebut berada ditengah – tengah pita, apalagi jika radio, tape tidak memiliki angka – angka penentuan putaran
b.      Kecepatan rekaman dan pengaturan trek yang bermacam – macam menimbulkan kesulitan untuk memainkan kembali rekaman yang direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda.

B.     MEDIA VISUAL
Media Visual (Daryanto, 1993:27), artinya semua alat peraga yang digunakan dalam proses belajar yang bisa dinikmati lewat panca-indera mata.Media visual ( image atau perumpamaan) memegang peran yang sangatpenting dalam proses belajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata.
Media Visual yang bergerak ialah media yang dapat menampilkan atau membiaskan gambar atau bayangan yang dapat bergerak di layar bias, seperti: bias gambar-gambar yang ditampilkan oleh motion picture film dan loopfilm.
Masing-masing media baik yang bergerak maupun yang tak bergerak dilihat penggunaannya tak lepas dari kelebihan dan keterbatasan yang ada, tergantung pada situasi dan kondisi pengoperasiannya.
Media visual berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol visual. Selain itu, fungsi media visual adalah untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, menggambarkan atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan jika tidak divisualkan.

C.     MEDIA AUDIO VISUAL
Media audio-visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media auditif (mendengar) dan visual (melihat). Media Audiovisual merupakan sebuah alat bantu audiovisual yang berarti bahan atau alat yang dipergunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan kata yang diucapkan dalam menularkan pengetahuan, sikap, dan ide.
Beberapa manfaat alat bantu  audiovisual adalah:
1.      Membantu memberikan konsep pertama atau kesan yang benar;
2.      Mendorong minat;
3.      Meningkatkan pengertian yang lebih baik;
4.      Melengkapi sumber belajar yang lain;
5.      Menambah variasi metode mengajar;
6.      Menghemat waktu;
7.      Meningkatkan keingintahuan intelektual;
8.      Cenderung mengurangi ucapan dan pengulangan kata yang tidak perlu;
9.      Membuat ingatan terhadap pelajaran lebih lama;
10.  Dapat memberikan konsep baru dari sesuatu diluar pengalaman biasa.

Kelebihan media audio visual gerak
1.    Kelebihan dan kekurangan film sebagai media audio visual gerak.
a.    Keuntungan atau manfaat film sebagai media pengajaran antara lain:
1)      Film dapat menggambarkan suatu proses, misalnya proses pembuatan suatu keterampilan tangan dan sebagainya.
2)      Dapat menimbulkan kesan ruang dan waktu.
3)      Penggambarannya bersifat 3 dimensional.
4)      Suara yang dihasilkan dapat menimbulkan realita pada gambar dalam bentuk ekspresi murni.
5)      Dapat menyampaikan suara seorang ahli sekaligus melihat penampilannya.
6)      Kalau film dan video tersebut berwarna akan dapat menambah realita objek yang diperagakan.
7)      Dapat menggambarkan teori sain dan animasi.
b.    Kekurangan-kekurangan film sebagai berikut:
1)      Film bersuara tidak dapat diselingi dengan keterangan-keterangan yang diucapkan sewaktu film diputar, penghentian pemutaran akan mengganggu konsentrasi audien.
2)      Audien tidak akan dapat mengikuti dengan baik kalau film diputar terlalu cepat.
3)      Apa yang telah lewat sulit untuk diulang kecuali memutar kembali secara keseluruhan.
4)      Biaya pembuatan dan peralatannya cukup tinggi dan mahal.
2.    Kelebihan dan kekurangan video sebagai media audio visual gerak
a.    Kelebihan video
1)      Dapat menarik perhatian untuk periode-periode yang singkat dari rangsangan lainnya.
2)      Dengan alat perekam pita video sejumlah besar penonton dapt memperoleh informasi dari ahli-ahli/ spesialis.
3)      Demonstrasi yang sulit bisa dipersiapkan dan direkam sebelumnya, sehingga dalam waktu mengajar guru dapat memusatkan perhatian dan penyajiannya.
4)      Menghemat waktu dan rekaman dapat diputar berulang-ulang.
5)      Keras lemah suara dapat diatur dan disesuaikan bila akan disisipi komentar yang akan didengar.
6)      Guru bisa mengatur dimana dia akan menghentikan gerakan gambar tersebut, artinya kontrol sepenuhnya ditangan guru.
7)      Ruangan tidak perlu digelapkan waktu menyajikannya.
b.    Kekurangan video
1)      Perhatian penonton sulit dikuasai, partisipasi mereka jarang dipraktekkan.
2)      Sifat komunikasinya yang bersifat satu arah haruslah diimbangi dengan pencarian bentuk umpan balik yang lain.
3)      Kurang mampu menampilkan detail dari objek yang disajikan secara sempurna.
4)      Memerlukan peralatan yang mahal dan kompleks.
3.    Kelebihan dan kekurangan televisi sebagai media audio visual gerak
a.    Kelebihan televisi:
1)      Bersifat langsung dan nyata, serta dapat menyajikan peristiwa yang sebenarnya.
2)      Memperluas tinjauan kelas, melintasi berbagai daerah atau berbagai negara.
3)      Dapat menciptakan kembali peristiwa masa lampau.
4)      Dapat mempertunjukkan banyak hal dan banyak segi yang beraneka ragam.
5)      Banyak mempergunakan sumber-sumber masyarakat.
6)      Menarik minat anak.
7)      Dapat melatih guru, baik dalam pre-service maupun dalam intervice training.
8)      Masyarakat diajak berpartisipasi dalam rangka meningkatkan perhatian mereka terhadap sekolah.

b.    Kekurangan-Kekurangan Televisi:
1)      Televisi hanya mampu menyajikan komunikasi satu arah.
2)      Televisi pada saat disiarkan akan berjalan terus dan tidak ada kesempatan untuk memahami pesan-pesan nya sesuai dengan kemampuan individual siswa.
3)      Guru tidak memiliki kesempatan untuk merevisi tayangan TV sebelum disiarkan.
4)      Layar pesawat televisi tidak mampu menjangkau kelas besar sehingga sulit bagi semua siswa untuk melihat secara rinci gambar yang disiarkan.
5)      Kekhawatiran muncul bahwa siswa tidak memiliki hubungan pribadi dengan guru, dan siswa bisa jadi bersifat pasif selama penayangan.

Kelebihan dan kekurangan media audio visual diam
1.    Kelebihan dan kekurangan film bingkai sebagai media audio visual diam.
a.    Kelebihan film bingkai sebagai media pendidikan adalah:
1)      Materi pelajaran yang sama dapat disebarkan  ke seluruh siswa secara serentak;
2)      Perhatian anak-anak dapat dipussatkan pada satu butir tertentu;
3)      Fungsi berfikir penonton dirangsang dan dikembangkan secara bebas;
4)      Film bingkai berada di bawah kontrol guru;
5)      Dapat dilakukan secara klasikal maupun individu;
6)      Penyimpanannya mudah (praktis);
7)      Dapat mengatasi keterbatasan keterbatasan ruang, waktu dan indera;
8)      Mudah direvisi/diperbaiki, baik visual maupun audionya;
9)      Relatif sederhana dan murah dibandingkan dengan media TV atau film;
10)  Program dibuat dalam waktu singkat.

D.    MEDIA 3 DIMENSI
Media pembelajaran tiga dimensi, yaitu media yang tampilannya dapat diamati dari arah pandang mana saja dan mempunyai dimensi panjang, lebar,dan tinggi/tebal. Media tiga dimensi juga dapat diartikan sekelompok media tanpa proyeksi yang penyajiannya secara visual tiga dimensi. Kelompok media ini dapat berwujud sebagai benda asli baik hidup maupun mati, dan dapat berwujud sebagai tiruan yang mewakili aslinya.
Media tiga dimensi ialah sekelompok media tanpa proyeksi yang penyajiannya secara visual tiga dimensional. Kelompok media ini dapat berwujud sebagai benda asli baik hidup maupun mati, dan dapat pula berwujud sebagai tiruan yang mewakili aslinya. Benda asli ketika akan difungsikan sebagai media pembelajaran dapat dibawa langsung ke kelas, atau siswa sekelas dikerahkan langsung ke dunia sesungguhnya di mana benda asli itu berada. Apabila benda aslinya sulit untuk dibawa ke kelas atau kelas tidak mungkin dihadapkan langsung ke tempat di mana benda itu berada, maka benda tiruannya dapat pula berfungsi sebagai media pembelajaran yang efektif,
Kelebihan Media Tiga Dimensi yaitu,
Menurut Moedjiono (1992) kelebihan dari media visual tiga dimensi:
1)        Memberikan pengalaman secara langsung
2)        Penyajian secara konkrit dan menghindari  verbalisme
3)        Dapat menunjukkan objek secara utuh baik kontruksi maupun cara kerjanya
4)        Dapat memperlihatkan struktur organisasi secara jelas
5)        Dapat menunjukkan alur suatu proses secara jelas.
Kelemahan Media Tiga Dimensi yaitu,
1)            Tidak bisa menjangkau sasaran dalam jumlah
2)            Penyimpanannya memerlukan ruang yang besar dan perawatan yangrumit
3)            Untuk membuat alat peraga ini membutuhkan biaya yang besar
4)            Anak tuna netra sulit untuk membandingkannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makalah Global Warming (Pemanasan Global)

Makalah Global Warming (Pemanasan Global) BAB 1 Pendahuluan A.      Latar Belakang Makalah Dalam beberapa tahun terakhir, isu pe...